fbpx
 

Perbedaan VPS OpenVZ dan KVM

Perbedaan VPS OpenVZ dan KVM

Sebelum kita membicarakan lebih jauh tentang Perbedaan VPS OpenVZ dan KVM, alangkah baiknya kita harus mengerti terlebih dahulu Apa itu Domain & Web Hosting dan Apa itu VPS. VPS – Virtual Private Server adalah Server yang menggunakan perangkat lunak virtualisasi untuk mempartisi server fisik menjadi beberapa server “virtual”, masing-masing memiliki kemampuan untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasinya sendiri.

Perangkat Lunak dari Virtualisasi itu sendiri ada berbagai macam. Yang paling terkenal dipasaran saat adalah OpenVZ dan KVM.

OpenVZ dan KVM, virtualisasi mana yang lebih cocok untuk saya” adalah pertanyaan yang sering muncul ketika klien mencari VPS. Setelah Anda membandingkan spesifikasi CPU, RAM dan Storage, lihat yang ditawarkan jenis virtualisasinya.

Perbedaan OpenVZ vs KVM

Pertama-tama, perbedaan paling mendasar antara OpenVZ dan KVM adalah bahwa OpenVZ HANYA dapat digunakan dengan sistem operasi Linux, sementara KVM lebih fleksibel dan dapat digunakan dengan opsi Linux, Windows, dan OS Custom.

OpenVZ

OpenVZ menggunakan kernel bersama dengan lapisan virtualisasi di atas OS Linux yang sebenarnya. Karena kernel ini dibagikan oleh semua pengguna VPS pada node ini, kernel tidak dapat dikustomisasi. Begitu juga dengan Sumber Daya RAM Anda. Ketika anda memiliki 4GB RAM, tetapi yang digunakan hanya 1GB RAM saja, maka user lain dapat menggunakan Alokasi RAM tersebut yang belum digunakan. Ini bukan masalah jika Anda menjalankan aplikasi kecil, tetapi Anda mungkin berada dalam masalah jika Anda menjalankan sesuatu yang lebih intensif dengan sumber daya.

KVM

KVM memungkinkan Anda untuk mengatur nilai maksimum dan minimum untuk sumber daya Anda, sehingga Anda hanya menggunakan sumber daya yang dibutuhkan aplikasi Anda. Ini adalah virtualisasi perangkat keras yang nyata, yang berarti kinerja yang lebih baik dari persyaratan yang lebih rendah pada hypervisor. 100% dari RAM dan Sumber Daya Storage didedikasikan untuk satu pengguna individu. KVM menyediakan lingkungan yang lebih terisolasi dan memberi pengguna kernel mereka sendiri.

Risiko Overselling

Overselling adalah di mana Perusahaan Hosting akan melakukan penjualan VPS terlalu banyak dari sumber daya yang disediakan dengan harapan bahwa tidak setiap akun menggunakan semua sumber daya itu secara bersamaan. Sementara semuanya bisa di Oversell, waspadalah terhadap perusahaan hosting yang terlalu melakukan Overselling untuk sistem OpenVZ dan menempatkan Anda pada Node Server dengan VPS yang terlalu berlebihan. Dikarenakan hal tersebut, mengapa OpenVZ biasanya lebih murah daripada VPS KVM.

OpenVZ memberi pengguna dengan kecepatan dan skalabilitas, dan lebih murah. KVM menawarkan perangkat keras yang terisolasi secara individual termasuk CPU, RAM & Storage, dan sumber daya yang dijamin untuk penyesuaian dan peningkatan keandalan. Paket KVM ideal untuk Server Game, Server VPN, mikrotik CHR dan server untuk usaha kecil, dan perusahaan menengah. Jika anda pengguna VPN, pastikan Anda membaca Perbedaan VPN: PPTP, L2TP, dan OpenVPN.

VPS Murah Herza.ID Menawarkan Skalabilitas dan Ketersediaan Tertinggi

VPS Server dapat digunakan untuk banyak hal. Mulai dari DNS Server, Mail Server, Web Server, Database Server atau bahkan Web Server yang terintegrasi dengan database dan lainnya atau lebih dikenal dengan LAMP. Atau bahkan menggunakannya untuk sebagai VPN Server hingga untuk Mikrotik CHR VPS. (Jika Anda pengguna Mikrotik CHR, silahkan lihat Panduan untuk Menginstall Mikrotik CHR di VPS). Semuanya bisa di Herza.ID. Sistem Herza.ID memberikan Anda opsi untuk skalabilitas. Anda dapat memulai dengan Paket VPS yang murah, kemudian melakukan Upgrade suatu saat nanti jika dibutuhkan.

VPS TERBAIK INDONESIA

Sekarang Anda telah mengerti tentang Perbedaan VPS OpenVZ dan KVM. Nah, buat VPS Anda sekarang juga dengan Teknologi Cloud dari Herza.ID hanya dengan Rp, 50.000 / Bulan!

Herza.ID – PT Herza Digital Indonesia adalah penyedia infrastruktur Datacenter di Indonesia yang menawarkan serangkaian produk cloud dari server hosting yang dikelola hingga layanan colocation yang melayani berbagai klien, dari level pemula hingga operasional tingkat perusahaan. Hubungi kami sekarang untuk penawaran terbaik.

Tags: , , , , ,

Author by : H.G. Ramadhan

H.G. Ramadhan adalah Technical Support Manager dari Herza.ID. Memiliki pengalaman didunia IT kurang lebih 18 tahun. Memiliki Sertifikasi dari RedHat Certified System Administrator (RHCSA) dan cPanel Professional Certified (CPC). H.G. Ramadhan senantiasa selalu membuat Konten Artikel yang menarik yang bisa membantu Anda dalam mengelolah Layanan Anda di Herza.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published.