Mengenal Apa Itu CloudLinux?

Mengenal Apa Itu CloudLinux?

Banyak perusahaan besar penyedia web hosting merekomendasikan untuk menggunakan CloudLinux. Sebuah sistem operasi berbasis CentOs yang dirancang khusus untuk server. Mengapa demikian? Mengapa CloudLinux direkomendasikan oleh banyak perusahaan penyedia layanan hosting? Untuk itu, agar Anda lebih mengenal apa itu CloudLinux berikut akan dijelaskan pembahasannya.

Apa Itu CloudLinux

Mudahnya, CloudLinux adalah sebuah sistem operasi linux yang berbasis centOs yang dibuat untuk melengkapi keperluan perusahaan penyedia web hosting.

Jika kamu belum paham mengenai apa itu centOs, centOS adalah sebuah sistem operasi open-source yang dikembangkan dari kode sumber Red Hat Enterprise Linux dan dibuat di kernel Linux.

Sistem operasi ini diperkenalkan pada tahun 2004 dan hingga sekarang sudah menjadi versi yang stabil dengan keamanan tinggi serta berbagai opsi panel. Tujuan CloudLinux ialah untuk membuat kebutuhan server agar bisa lebih maksimal dengan peningkatan kualitas performanya.

Karena fungsinya yang cukup penting, CloudLinux banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Dell dan IBM.

Perusahaan besar menggunakan CloudLinux karena keistimewaannya yang dapat mengelola resource server dengan baik. Dengan demikian, menggunakan CloudLinux dapat menghindari risiko server down yang dapat menganggu pengguna lain.

Apa Saja Kelebihan CloudLinux?

Agar Anda lebih mengenal apa itu CloudLinux, berikut beberapa kelebihan yang terdapat didalamnya

Server Menjadi Stabil

Berbagai fitur yang terdapat dalam CloudLinux dapat meningkatkan kualitas server Anda akan semakin stabil dan membaik.

Mengapa bisa demikian?

Sebab dengan pembagian resource kepada pengguna yang tepat serta adanya pemastian terjadinya abuse of usage (pelanggaran penggunaan bandwith) bisa dideteksi sedari awal.

Saat server mengalami down tentu saja akan mengakibatkan kendala yang cukup besar bagi perusahaan penyedia web hosting. Website menjadi sulit diakses bahkan tidak bisa. Belum lagi, dibutuhknya proses perbaikan server down yang membutuhkan waktu dan biaya. Oleh karena itu, dengan cloudlinux akan mengatasi kendala tersebut.

Server Menjadi Lebih Aman

Fitur yang terdapat dalam CloudLinux seperti PHPHardened, SecureLink maupun CageFS akan membuat server Anda aman.

Mengapa bisa dikatakan aman? Sebab, dalam CloudLinux dilengkapi dengan beberapa fitur. Salah satu Fitur CloudLinux yang bisa membuat server Anda aman ialah PHPHardened, SecureLink dan CageFS.

PHPHardened yang ada di dalam CloudLinux akan memberikan patch pada semua versi yang sudah tidak didukung.

Patch adalah perbaikan atau update daripada suatu software guna memperbaiki error atau bug yang terdapat dalam suatu aplikasi.

Dengan demikian, fitur satu ini bisa memberikan perbaikan atau update server untuk mengatasi error.

Selain itu, Fitur CloudLinux yang berfungsi agar server menjadi lebih aman dikenal dengan SecureLink. SecureLink mampu bekerja untuk pencegahan peretasan menggunakan file symbolic.

Selain itu, server semakin aman karena ada fitur CageFS yang bisa memastikan tidak adanya pengguna yang dapat melihat informasi penting dari pengguna lain dalam server.

Berbicara tentang keamanan server, terdapat juga 10 cara mengamankan server windows Anda.

Server Memiliki Performa yang Baik

CloudLinux memiliki kemampuan yang dapat meningkatkan performa server menjadi lebih baik. Hal tersebut bisa terjadi sebab dengan monitoring resource yang baik akan meningkatkan kualitas dan performa server yang maksimal.

Jika kualitas dan performa server baik, aktivitas online akan lebih efektif.

7 Fitur CloudLinux

Ada beberapa fitur CloudLinux yang telah disebutkan di atas, untuk lebih mengenal dan tahu lebih lanjut ada 7 Fitur Cloud Linux yang Anda perlu ketahui.

Lightweight Virtual Environment

Fitur Lightweight Virtual Environment atau yang bisa disingkat dengan LVE adalah fitur Cloud Linux yang fungsinya untuk mengelola resource yang lebih efektif.

Fitur LVE ini berperan dalam membatasi penggunaan CPU, IO, resource memory sampai jumlah proses yang berjalan setiap pengguna.

Jika Anda belum mengetahui LVE, sederhananya LVE adalah sebuah teknologi kernel level yang diciptakan oleh developer CloudLinux. Teknologi ini memungkinkan CloudLinux terintegrasi dengan server, Pluggable Authentication Module (PAM) dan database. Hal ini bukan lain bertujuan untuk mencegahnya server down.

Agar pembatasan resource dapat dilakukan dengan mudah, CloudLinux memfasilitasinya dengan LVE manager. 

Di dalam LVE manager menampilkan beberapa tab, yaitu :

  • Current Usage : memungkinkan monitoring penggunaan resource yang dijual kembali saat ini
  • Historical Usage : memungkinkan untuk melihat dan mengelola semua batas akun yang dijual kembali
  • Users : memungkinkan untuk melihat dan mengelola semua batas akun yang dijual kembali
  • Statictics : memungkinkan untuk menampilkan statistic resource untuk jangka waktu tertentu
  • Options : memungkinkan pengaturan notifikasi email untuk kesalahan LVE
  • Packages : memungkinkan pengelolaan batas paket

MySQL Governor

Tidak jauh dengan LVE, MySQL Governor berperan untuk memastikan resource pada database agar berjalan dengan lancar.

Kondisi overload tentu akan menganggu kestabilan server Anda, maka dari itu MySQL Governor akan memantau penggunaan MyQSL dan memastikan tidak ada lagi penggunaan yang tidak wajar pada server.

Dan tak hanya itu, kelebihan MySQL Governor ialah kemampuannya dalam melakukan throttle usage secara realtime. Maksudnya ialah cara cepat untuk mengatasi timbulnya gangguan akibat adanya spike penggunaan resource sebelum berimbas ke pengguna lain.

Jika Anda masih asing dengar istilah spike, spike atau lonjakan adalah sebuah metode pengembangan pemrograman yang menggunakan program sesederhana mungkin guna menentukan berapa banyak pekerjaan yang diperlukan untuk menyelesaikan atau mengatasi perangkat lunak.

Biasanya spike melibatkan pengumpulan informasi tambahan. Sehingga jika ada spike atau lonjakan pada penggunaan resource MySQL ini dapat mengatasi kendala tersebut.

Cage FS

Di atas sudah disinggung sedikit fitur CloudLinux CageFS yang dapat membuat server menjadi lebih aman.

Jadi, CageFS ini adalah sebuah file sistem virtual yang membatasi setiap pengguna sehingga satu sama lain antar pengguna tidak dapat mengakses informasi penting.

Tujuan CageFS ini ialah melindungi pengguna untuk keamanan sebuah informasi karena, pertama engguna hanya bisa melihat file yang aman, kedua pengguna tidak bisa mengetahui sata sama lain, ketiga pengguna tidak bisa melihat file konfigurasi server dan keempat pengguna hanya bisa melihat proses pada file sistem mereka sendiri.

HardenedPHP

Fitur CloudLinux HardenedPHP berperan untuk memastikan semua versi PHP, terutama versi lama yang masih digunakan agar bisa terlindungi dengan aman.

Fitur ini dapat memberikan patch untuk menutup celah keamanan yang sewaktu-waktu bisa ditemukan. Fitur PHPHardened yang ada dalam CloudLinux akan memberikan patch pada semua versi yang sudah tidak didukung.

Patch adalah perbaikan atau update daripada suatu software guna memperbaiki error atau bug yang terdapat dalam suatu aplikasi.

SecureLink

Fitur SecureLink adalah sebuah teknologi level kernel yang berperan untuk melawan serangan symbolic link (symlink) .

Symlink adalah tautan Simbolik atau tautan Soft adalah file shortcut yang merujuk ke file disk atau folder yang terletak di tempat lain.  

Fitur SecureLink dalam CloudLinux ini mencoba melakukan pencegahan serangan yang menggunakan file symbolic link. Umumnya langkah yang dilakukan ialah dengan mengakali Apache Web server agar dapat membaca file PHP config tertentu yang diinginkan.

PHP, Ruby dan Pythob Selector

CloudLinux dilengkapi dengan fitur selector yang dapat dimanfaatkan untuk memilih versi PHP, Ruby dan Python yang digunakan. Hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk menggunakan versi sesuai yang dibutuhkan.

Versi PHP yang bisa dipilih mulai dari versi 4.4 hingga 7.2. Sementara itu, untuk Rubby pilihannya mulai versi 8.2 hingga 2.1. Dan untuk Python, Anda bisa memilih dari alt-python27 2.7.9 hingga alt-python35 3.5.4

Mod Lsapi

Fitur Mod Lsapi adalah cara tersingkat untuk dapat melayani halaman PHP pada Apache. Apache adalah software web server gratis dan open source yang memungkinkan user mengupload website di internet.

Kemampuan fitur ini ialah dapat mendukung PHP directive di file. Htaccess. Mod lsapi juga memiliki kemampuan bergerak dan bekerja dengan kesesuaian, sehingga ini akan memberi kelonggaran pada Anda untuk tetap menggunakan versi PHP yang diperlukan.

Kesimpulan

Itu dia beberapa informasi mengenai CloudLinux yang bisa memberikan gambaran CloudLinux tentang pengertian, kelebihan dan 7 fiturnya. Fitur CloudLinux yang ditawarkan mampu memberikan jaminan server berperforma tinggi, stabil dan aman.

Sudah cukup terbayang bukan mengenai CloudLinux ini?   

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.